twitter dan facebook

daftar isi

Labels

Recent Post

My Ping in TotalPing.com
Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Selasa, 22 Mei 2012

CARA MENGKONEKSI DATA BASE PADA VISUAL BASIC 6.0



Yang perlu di rancang adalah:
1. Database = Db_DVD
2. Tabel = Tb_pelanggan

Cara Penyelesaiannya:

Membuat Database dengan Microsoft Access
- Buatlah database dengan menggunakan Microsoft Access
- simpan di dalam satu folder pilih database (2000 format)
- create
- buatlah tabel / rubah nama tabel
                         --> (tekan di view, besign view, isi nama tabel yang di inginkan, ok)
                         --> cara mengisi data (field name, data type, general)
                         --> kalau melihat tabel yang kita buat (klik di view, datasheet view, yes)
- tinggal isi databasenya
- setelah selesai semua save dan tutuplah Microsoft Access tersebut

Membuat Form dengan visual basic
- Bukalah Visual Basic
- save ketempat folder yang kita buat tadi

Langkah memasukkan komponen kedalam tool box
- project
- components/cntrl + t

pilih microsoft Ado Data control 6.0 (oledb)

- letakkan adodc pada form

- cari di properties

    --> connection string
    --> bulid
    --> microsoft jet 4.0 ole provider
    --> next
    --> pilih microsoft aksess yang di buat data base tadi
    --> Ok
    --> Ok
seperti gambar di bawah ini

- facerdsource
- comman type
- pilih yang ke 2
 
 - pilih microsoft data grid control 6.0 (oledb)
- Ok


Hubungkan dengan Adoc 1
- klik di datagrid
- data source
- adoc 1


Ok sob terimakasih telah membaca tentag CARA MENGKONEKSI DATABASE PADA VISUAL BASIC 6.0

Senin, 14 Mei 2012

PENGERTIAN QISHASH



1.   Pengertian Qishash
Menurut syaraĆ¢’ qishash ialah pembalasan yang serupa dengan perbuatan pembunuhan melukai merusakkan anggota badan/menghilangkan manfaatnya, sesuai pelangarannya.
2.      Qishash ada 2 macam :
a.       Qishash jiwa, yaitu hukum bunuh bagi tindak pidana pembunuhan.
b.      Qishash anggota badan, yakni hukum qishash atau tindak pidana melukai, merusakkan anggota
          badan, atau menghilangkan manfaat anggota badan.

3.      Syarat-syarat Qishash
a.       Pembunuh sudah baligh dan berakal (mukallaf). Tidak wajib qishash bagi anak kecil atau orang
          gila, sebab mereka belum dan tidak berdosa.
b.      Pembunuh bukan bapak dari yang terbunuh. Tidak wajib qishash bapak yang membunuh
          anaknya. Tetapi wajib qishash bila anak membunuh bapaknya.
c.       Oran g yang dibunuh sama derajatnya, Islam sama Islam, merdeka dengan merdeka, perempuan dengan perempuan, dan budak dengan budak.
d.      Qishash dilakukan dalam hal yang sama, jiwa dengan jiwa, anggota dengan anggota, seperti mata dengan mata, telinga dengan telinga.
e.       Qishash itu dilakukan dengn jenis barang yang telah digunakan oleh yang membunuh atau yang melukai itu.
f.       Oran g yang terbunuh itu berhak dilindungi jiwanya, kecuali jiwa oran g kafir, pezina mukhshan, dan pembunuh tanpa hak. Hal ini selaras hadits rasulullah, ‘Tidakklah boleh membunuh seseorang kecuali karena salah satu dari tiga sebab: kafir setelah beriman, berzina dan membunuh tidak dijalan yang benar/aniaya’ (HR. Turmudzi dan NasaĆ¢’)

4.    Pembunuhan olah massa / kelompok orang
Sekelompok oran g yang membunuh seorang harus diqishash, dibunuh semua..
5.   Qishash anggota badan

Semua anggota tubuh ada qishashnya. Hal ini selaras dengan firman-Nya, ‘Dan kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At Taurat) bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka luka (pun) ada kisasnya. barangsiapa yang melepaskan (hak kisas) nya, Maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya. barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, Maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim.’ (QS. Al-Maidah : 45)

Minggu, 13 Mei 2012

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI GRAFIKA DAN INFORMASI PADA MASA PRASEJARAH DAN SEJARAH

Add caption

Perkembangan tehnologi dalam peradaban manusia di iringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi yang selanjutnya di kenal istilah tehnologi grafika dan informasi. Sejak jaman prasejarah. Cara manusia menyampaikan pesan/ informasi melalui berkomunikasi dalam hal perkembangan teknologi, terus berkembang hingga saat ini, yaitu dengan banyaknya di temukan tehnologi-tehnologi yang sebagian besarnya sudah using dan sebagiannya lagi masih trus di pakai bahkan trus di teliti dan di kembangkan agar semakin maju.
Perkembangan tehnologi berlangsung dari masa ke masa. Mulai dari masa prasejarah hingga masa sekarang ini dimana kita melangsungkan kehidupan. Masa-masa itu di antaranya :
1.      Masa prasejarah (pada priode sampai tahun 3000 sebelum masehi (sm)
Pada masa ini bentuk komunikasi manusia masih sebatas pada pengenalan bentuk-bentuk yang mereka temukan manusia menyampaikan informasi yang mereka dapatkan dengan menggambarkan pada dinding-dinding gua, dengan cara menggoreskan, memahat di batu-batu, kulit kayu, kuli binatang, tulang-tulang hewan, dan SBB dengan grafik.
Contoh : cerita ketika berburu binatang buruannya hal tersebut terjadi karena kemampuan berbahasanya yang masih hanya sebatas suara dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan sebagai bentuk awal penyampaian pesan mereka.
2.   Masa sejarah (3000 sm- 1400 an sm)
a.       Tahun 3000 sm bangsa sumeria merupakan bangsa yang pertama
kalinya telah dapat menyampaikan pesan dengan sebuah tulisan dengan menggunakan symbol-symbol. Piktograf sebagai huruf simbul atau huruf-huruf tersebut juga mempunyai bentuk dan bunyi yang berbeda. Sehingga tulisan-tulisan tersebut terangkai menjadi sebuah kota. Kalimat dan bahasa yang mempunyai arti.
b.      Tahun 2900 sm
Pada tahun 2900 sm bangsa mesir kuno telah menggunakan huruf-huruf HIEROGLIF untuk berkomunikasi dengan orang lain huruf-huruf bieroglif terdiri dari symbol-symbol objek. Seperti perkakas, binatang, dan kapal-kapal. Huruf-huruf hieroglif juga menggunakan symbol-symbol ide dan emosi seperti semuah gerakan. Waktu, juga perasaan gembira. Ketika symbol-symbol hieroglif digambungkan maka atau terciptalah bagai mana cara pengucapannya serta menunjukkan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini telah maju di bandingkan dengan bangsa sumeria.
System menulis juga sudah digunakan oleh dinasti SHANG di cina yang memerintah pada tahun 1766-1050 sm.  System menulis modern cina saat ini, yang menggunakan symbol atau karakter untuk masing-masing kata.
c.       Tahun 500 sm
Masa ini di tandai dengan pengenalan pada media informasi yang sebelumnya menggunakan lempengan tanah liat. Pada masa ini manusia sudah mengenal media untuk menyimpan informasi yang lebih baik dari seraf pohon. Salah satunya adalah serat papayfus yang berasal dari papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Untuk di jadikan media menulis atau media penyampaian pesan pada masa itu. Serat papyrus lebih kuat dan pleksibal di bandingkan dengan lempengan tanah sebagai media informasi. Selanjutnya, serat papyrus juga merupakan cikal bakal media yang kita kenal sekarang ini yaiut kertas.
d.      Tahun 105 m
Pada tahun atau masa 105 m. bangsa cina menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat dari serat bamboo yang di haluskan. Di haluskan, di cuci lalu kemudian di ratakan dan di keringkan. Penemuan ini juga memungkinkan system percetakan yang di lakukan dengan menggunakan blok kayu yang di torehkan dan di tumuri tinta atau yang sekarang kita kenal yang system cap. Pada masa sejarah ini sejak di temukannya kain kertas di cina dan plat-plat logam maka grafi di goreskan atau di tulis pada media tersebut.
Pada masa ini hindus di india telah membuat system bilangan 9 digit yang sampai saat ini kita gunakan.

3.   Zaman modern
Pada zaman ini, manusia telah mengenal tehnologi penyampaian informasi atau mencetak grafi atas media dengan mesin cetak seperti yang kita kenal sekarang ini.
a.       Teknologi cetak konvisional
Kemajuan bidang tehnologi informasi dan komunikasi berjalan dengan begitu cepat. Dalam dunia grafikapun mengalami perkembangan yang cukup pesat. Teknologi cetak konvisional dengan acuan. Cetak permanenpun kini sudah mencapai tahapan yang luar biasa. Disamping itu juga, teknologi cetak Non Impuct Printing (NIP) juga berkembang begitu cepat.
Kemajuan teknologi informasi sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan teknologi cetak mencetak, sehingga di mana pun kita berada selalu menatap dan menggunakan barang cetakan, misalnya: uang, meterai, prangko, surat kabar, majalah, buku, brosur, folder, poster, spanduk, company profile, formulir, ticket, kemasan (kertas, karton, kaleng, plastic, dll) sampai pada surat-surat berharga yang dipergunakan pada bank-bank, dan sangat banyak jenis, bentuk, jumlah barang cetakan di masyarakat.
Semakin banyak jumlah manusia, semakin meningkat sosial ekonomi, semakin tinggi pendidikan dan kebudayaan suatu bangsa akan semakin banyak memerlukan barang cetakan sebagai sarana komunikasi, alat pembayaran, sebagai pembungkus, dan fungsi-fungsi lain.
Perkembangan terakhir di bidang teknologi produksi grafika sebagai usaha untuk melayani tuntutan pemesan yang semakin cepat dan kritis adalah munculnya “teknik cetak jarak jauh, instant printing dan yang terakhir print on demand”

RUANG LINGKUP TEKNOLOGI GRAFIKA



Grafika adalah suatu teknik atau cara penyampaian pesan, gagasan, informasi, pikiran, kesan perasaan melalui penggandaan dengan cara dicetak dan disajikan kepada khalayak. Grafika merupakan teknologi yang memungkinkan hasil pikiran-pikiran tokoh ratusan bahkan ribuan tahun lalu sampai kepada kita berupa hasil cetakan. Karena jasa grafika juga, maka segala urusan manusia modern dipermudah atau sudah merupakan suatu mekanisme yang tidak mungkin ditinggalkan sejak sebelum lahir sampai ke liang lahat.
Bahkan beberapa tahun setelah manusia di alam kubur masih memerlukannya. Tertama yang berkenaan dengan kontrak tanah pemakaman. Mulai dari bungkus korek api, ijazah, buku rapor, surat kabar, majalah, buku pelajaran, Koran, majalah, sertifikat, surat keterangan, surat nikah, perangko, brosur, folder, spanduk, company profile, formulir, tiket, meterai, uang kertas, faktur, kuitansi, STNK, surat pajak, KTP, paspor, dokumen perdagangan, peraturan, kemasan (kertas, karton, kaleng, plastic, dll) sampai ke poster dan bentuk cetakan dengan ukuran besar, surat-surat berharga yang dipergunakan pada bank-bank, dan sangat banyak jenis, bentuk, jumlah barang cetakan di masyarakat semua dalah hasil karya manusia yang hanya bias diwujudkan melalui teknologi grafika.
Industry grafika/percetakan di Indonesia sampai saat ini masih belum mampu menyetarakan diri dengan standar mutu industry grafika internasional, khususnya Asia dan Australia. Akibatnya, industry grafika Indonesia belum mampu berperan dalam menjawab tantangan pasar global. Dengan kata lain belum “Go international” salah satu penyebabnya karena masih belum terpenuhinya sumber daya manusia (SDM) yang kompeten.
Perubahan teknologi grafika terutama di pracetak sangat revolusioner. Perubahan software maupun hardware hamper dalam hitaungan bulan. Teknologi desk top publishing (DTP) yang belum lama berkembang, meluas ke computer to film, computer to plate, computer to press, dan print on demand. Sejalan dengan perkembangan tersebut, teknologi cetak konvensional mulai bergeser kea rah digital print. Perkembangan teknologi dan pasar grafika yang terus berubah cepat menjadikan para pelaku industry tersebut tertuntut harus bias menyesuaikannya
.

Sabtu, 12 Mei 2012

CARA MENGINPUT DATA KE DALAM TABEL PADA MySQL



Cara pertama
    --> Insert into nama_tabel
    --> set kolom1="data kolom1",
    --> kolom2="data kolom2",
    --> dan seterusnya...
    --> kalau sudah selesai jangan lupa titik koma (;)

Cara kedua
    --> Insert into nama_tabel
    --> (kolom1,kolom2, dan seterusnya)
    --> values
    --> ("data kolom1","data kolom2", dan seterusnya)
    --> ;

Cara ketiga
    --> Insert into nama_tabel
    --> values
    --> "data kolom1","data kolom2", dan seterusnya)
    --> ;

ok sob itu dulu materi kita pada malam minggu ini hehe....
terimakasih moga bermanfaat....

CARA MEMBUAT KOP SURAT

Bagaimana sih CARA BUAT KOP SURAT......
Bagi yang bertanya-tanya untuk membuat kop surat mari kita ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Bukalah Microsoft Word
2. Klik 2 kali pada bagian atas kertas seperti gambar di bawah ini;
2. Tulislah Isi dari kop surat tersebut
3. Kemudian isikan logo yang di inginkan dengan mengkopy paste aja.
4. Letakkan kursor di tulisan kop surat paling bawah
5. Buatlah garis kop surat tersebut dengan cara
    Memilih di tool Microsoft Word
      PAGE LAYOUT
    - Page Borders
    - Pilih jenis garis yang kita inginkan di Style
    - klik None
      HOME
    - klik di Bottom Border
maka hasilnya seperti gambar di bawah ini;

selesai deh.... moga bermanfaat bagi temen-temen semua CARA MEMBUAT KOP SURAT ini,
low kurang jelas tolong di kasih tau ya sob.....

Minggu, 06 Mei 2012

CONTOH SURAT PERMOHONAN


                                                                                      Banda Aceh, 01 Mei 2012
Nomor                   : Ist                                                Kepada Yth,
Lampiran               : 1 (satu) Eks                                 Bapak Direktur Salman Yusuf, SE.Ak
Perihal                   : Permohonan Beasiswa                   di-
                                                                                               Tempat.


Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama                        : Hamdan
Npm                           : 10014023001
TTL                           : Lae Mate, 17 Agustus 1993
Jurusan                     : Manajemen Informatika dan Komputer
Alamat                       : Jln. Inog Balee No. 29 Darussalam Banda Aceh

Dengan ini saya mengajukan permohonan kepada bapak direktur Salman Yusuf, SE.Ak agar sudi kiranya membantu saya memberikan bantuan dana beasiswa guna untuk mengurangi beban orang tua.

Sebagai bahan pertimbangan bapak bersama ini saya lampirkan perlengkapan administrasi sebagai berikut :
1.        Surat Permohonan
2.       Surat keterangan berkelakuan baik
3.       Poto copy KTM
4.       Poto copy KRS
5.       Poto copy Transkip nilai.

Demikianlah permohonan ini saya ajukan dengan harapan semoga Bapak dapat mengabulkannya, dan atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.





Hormat Saya,
Pemohon



(HAMDAN)

CONTOH ABSTRAK DALAM BAHASA INGGRIS DAN INDONESIA

INDONESIA----------------------------------------------------------------------------------------------------

ABSTRAK

Abstrak karya akhir diserahkan kepada Panitia Komisi Ujian untuk mendapatkan gelar Magister Manajemen pada Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala.

PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT
 DAERAH  ACEH



Oleh :

HAMDAN
Nim : 10014023001


Konsentrasi : Manajemen Umum


Pembimbing Utama         : Prof. Dr. Nasir Aziz, SE, MBA
Pembimbing Pembantu    : Dr. M. Shabri Abd Majid, M.Ec



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan, pelatihan dan motivasi kerja baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah  Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada lingkup Sekretariat Daerah Aceh, dengan obyek penelitian dibatasi hanya terhadap variabel pendidikan, pelatihan dan motivasi sebagai variabel bebas dan kinerja sebagai variabel terikat. Sampel diambil adalah sebanyak 17 persen dari jumlah total 586 pegawai, yaitu sebanyak 100 responden. Dari hasil penelitian diperoleh variabel pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Setda Aceh. Variabel motivasi juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Setda Aceh. Variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kinerja pegawai pada Setda Aceh adalah faktor motivasi. Pendidikan, pelatihan dan motivasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Setda Aceh.Variabel pendidikan, pelatihan dan motivasi mampu menjelaskan perubahan kinerja para pegawai pada Setda Aceh sebesar 44,5 persen dan sisanya sebesar 55,5 persen dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Disarankan kepada Sekretariat Aceh untuk memberikan pelatihan-pelatihan supaya ketrampilan pegawai semakin baik dalam bekerja, hal ini juga dapat meningkatkan prestasi kerja pegawai.






INGGRIS-----------------------------------------------------------------------------------------------


ABSTRACT

Final masterpiece abstraction delivered to commission committee to get title of Magister Management at Magister Management Program at Syiah Kuala University.


THE INFLUENCE OF EDUCATION, TRAINING AND MOTIVATION ON THE EMPLOYEE’S PERFORMANCE OF REGIONAL SECRETARIAT OF ACEH

By:

 HAMDAN
Nim : 10014023001


Concentration: General Management



Main supervisor           : Prof. Dr. Nasir Aziz, SE, MBA
Assistant supervisor    : Dr. M. Shabri Abd Majid, M.Ec


The purpose of this study is to determine the effect of education, training and motivation on the employee’s performance, either simultaneously or partially, at the Regional Secretariat of Aceh. The study conducted in the scope of the Regional Secretariat of Aceh, with the object of study is limited only to the variables of education, training and motivation as an independent variable and the employee’s performance as the dependent variable. Samples were taken as much as 17 percent of the total 586 employees, which are 100 respondents. The results of the study have shown that the training variable significantly influence the employee’s performance at the Regional Secretariat of Aceh. Motivation variable also significantly influence on the employee’s performance of Regional Secretariat of Aceh. Variable that has the most significant influence on the employee’s performance at Regional Secretariat of Aceh is the motivation. Education, training and motivation found to have a significant effect on the employee’s performance at Regional Secretariat of Aceh. Education, training and motivation variables could explain the changes in the employee’s performance at Regional Secretariat of Aceh for 44.5 percent and the balance of 55.5 percent is explained by other variables which did not included in the this research. The results recommend the Regional Secretariat of Aceh to provide motivation and training to its employees so that the employee’s performance will improve



terimakasih telah membaca tentang CONTOH ABSTRAK  DALAM BAHASA INGGRIS DAN INDONESIA

Sabtu, 05 Mei 2012

TUGAS DAN FUNGSI KANTOR PERIKANAN UJUNG BATEE

Tugas dan Fungsi Kantor Perikanan Ujung Batee
a.       Balai Budidaya Air Payau Ujung Bate mempunyai tugas pokok yaitu penerapan teknik pembenihan dan budidaya ikan air payau serta pelestarian sumberdaya induk atau benih ikan dan lingkungan.
b.      Wilayah kerja Balai Budidaya Air Payau Ujung Bate meliputi seluruh Sumatra yang terdiri dari Sembilan provinsi yaitu:
-       Prov NAD                                                
-       Sumatra Utara
-       Sumatra Barat
-       Riau
-       Jambi
-       Bangka Belitung
-       Sumatra Selatan
-       Bengkulu

c.       Dalam menjalankan tugas pokok tersebut, Balai Budidaya Air Payau Ujung Batee menyelenggarakan fungsi:
-       Pengkajian, pengujian dan bimbingan penerapan standar pembenihan dan pembuididayaan ikan air payau.
-       Pengkajian standard pelaksanaan sertifikasi system mutu dan sertifikasi personil pembenihan serta pembudidayaan ikan air payau.
-       Pengkajian system dan tata laksana produksi dan pengolahan induk penjenis dan induk dasar ikan air payau.
-       Pelaksanaan pengujian teknik pembenihan dan pembudidayaan ikan air payau.
-       Pengkajian standar pengawasan benih, Pembudidayaan serta pengendalian hama dan penyakit ikan air payau.
-       Pengkajian standar pengendalian dan sumberdaya individu atau benih ikan air payau.
-       Pelaksanaan sistem jaringan laboratorium pengujian, pengawasan benih dan pembudidayaan ikan air payau.
-       Pengelolaan dan pelayanaan informasi dan fublikasi pembenihan dan pembudidayaaan ikan air payau.
-     Pelaksanaan urusan data usaha dan rumah tangga.


Visi dan Misi Pada Kantor Perikanan Ujung Batee

a.       Visi Balai Budidaya Air Payau Ujung Bate adalah sebagai Pusat Pengembangan dan Informasi dalam pendampingan Teknologi Bididaya Air Payau dalam menunjang pembangunan perikanan budidaya yang ramah lingkungan, berdaya saing, dan berkelanjutan.
b.      Untuk mencapai visi tersebut, Misi Balai Budidaya Air Payau Ujung Bate sebagai berikut:
-        Mengkaji dan menerapkan teknologi budidaya air payau yang sederhana, efisien, berdaya guna dan berhasil guna.
-       Meningkatkan peranan balai sebagai pendamping teknologi di masyarakat dalam rangka proses alih teknologi.
-       Meningkatkan kualitas dan kaapabilitas sumber daya maniusia Balai budidaya air payau ujung bate.
-       Pengembangan jenis – jenis komoditas ekonomis spesifik lokasi.
-       Mewujudkan sentral pengembangan bank induk udang windu unggul.
-   Mendorong berkembangnya usaha perikanan budidaya air payau yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan

SEJARAH SINGKAT KANTOR PERIKANAN UJUNG BATEE

Sejarah Singkat Kantor Perikanan Ujung Batee
Balai budidaya air payau ujung batee, merupakan salah satu Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) di lingkungan Departemen Kelautan dan Perikanan.
Balai Budidaya Air Payau Ujung Batee berdiri pada tahun 1986 berdasarkan SK Menteri Peretanian No.473/kpts/OT.210/8/ 1986 Tanggal 5 Agustus 1986 dengan Nama ”SUB Centre Udang” dan disempurnakan lagi dengan SK Menteri Pertanian No. 264/kpts/OT.210/1994 Tanggal 18 April 1994 menjadi “ Loka Budidaya Air Payau”. Pada saat itu Loka Budidaya Air Payau Ujung Bate diberi tugas melaksanakan penerapan teknik penerapan air payau serta kelestarian sumber daya ikan di lingkungan wilayah Indonesia bagian barat khususnya Sumatera. Pada tanggal 19 Oktober 1999 Loka Budidaya Air Payau mendapat tugas berdasarkan SK Menteri Pertanian No.1040.1/kpts/ik.150/10/1999 dan SK menteri Eksploitasi Laut dan Perikanan No. 65 Tahun 2000. Selanjutnya pada tanggal 18 November 2002 Loka Budidaya Air Payau Ujung Batee mendapat tugas sebagai pelaksana teknik Pembenihan dan Pembudidayaan Ikan Air Payau serta pelestarian sumber daya induk atau benih ikan dan lingkungan berdasarkan SK Menteri  Kelautan dan Perikanan Nomor. KEP.49/MEN/2002.
Pada perkembangan terakhir sesuai dengan kebutuhan Organiasasi Loka Budidaya Air Payau berdasarkan peraturan Menteri Keluatan dan Perikanan nomor. PER.08/MEN/2006 Tanggal 12 Januari 2006 mendapatkan peningkatan ekselon ke III/a sehingga struktur organisasi meningkat menjadi Balai Budidaya Air Payau Ujung Bate.
Secara umum usaha aplikasi teknik dan segala aspek kegiatan dan sumberdaya manusia terus berkembang sesuai dengan dinamika kehidupan, walaupun dalam berbagai sisi masih harus dilakukan pembinaan dan dipacu perkembangannya.
Sejak berdirinya Balai Budidaya Air Payau Ujung Bate sudah mulai memproduksi benur yang beralokasi di desa Durung. Namun produksinya masih sangat terbatas disebabkan Fasilitas yang kurang mendukung sehingga usaha pembenihan Udang sempat tidak berjalan selama beberapa tahun. Kemudian pada Tahun 1997, dibawah kepemimpinan Bapak Sugeng Raharjo, A.Pi, Balai Budidaya Air Payau Ujung Bate mulai menjalankan kembali usaha pembenihan yang telah lama terbengkalai.
Pada tahun 2005 kegiatan di Balai Budidaya Air Payau sempat berhenti selama beberapa bulan karena adanya musibah Gempa dan Tsunami pada tahun akhir tahun 2004 yang melanda daerah NAD dan Sumatara. Balai Budidaya Air Payau Ujung Batee mulai beroperasi kembali pada bulan Mei tahun 2005.
Sampai tahun 2007 ada beberapa keberhasilan usaha yang sudah dirintis oleh Balai Budidaya Air Payau Ujung Batee antara lain, Pembenihan Udang Windu, budidaya udang windu, Budidaya Udang Putih, Pembenihan dan Budidaya Ikan Bandeng, Budidaya Kepiting Sangkat, Produksi Pakan Alami, dan Budidaya Kerapu Kertang. Kegiatan usaha  tersebut dipimpin oleh seorang kepala proyek yang berada di bawah pembinaan dan pengawasan Balai Budidaya Air Payau Ujung Bate.
Balai Budidaya Air Payau Ujung Bate sebagai pusat bisnis incubator sangat berkepentingan dalam memacu perkembangan budidaya air payau secara terarah dan terprogram. Setiap usaha budidaya dipimpin dan dijalankan oleh seorang ketua divisi. Setiap divisi bertanggung jawab kepada pimpinan proyek. Usaha pembenihan udang windu dijalankan oleh Bapak Joko Purwantyo sebagai bapak divisi pembenihan Udang yang didampingi oleh 4 orang Asisten pelaksana.

PENGERTIAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0

Pengertian Microsoft Visual Basic 6.0
Kata “Visual” merujuk kepada metode yang digunakan untuk membuat antar muka yang bersifat grafis Graphical User Interface (GUI). Kata “Basic” merujuk kepada bahasa BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code), sebuah bahasa yang digunakan oleh banyak programmer dibandingkan dengan bahasa lainnya dalam sejarah komputer.
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB) merupakan sebuah bahasa pemograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) yang didalamnya berisi perintah-perintah yang dapat dimengerti oleh komputer untuk melaksanakan tugas-tugas. Tugas tersebut dapat dijalankan jika ada respon dari pemakai. Respon tersebut berupa kejadian/event tertentu. Misalnya memilih tombol, memilih menu dan sebagainya.
Menurut Ridwan Sanjaya (2005: 1) yang berpendapat, “Visual Basic telah menjadi bahasa pemograman Visual yang paling popular dan mudah untuk dipelajari oleh pemula sekalipun”.
Ridwan Sanjaya juga menambahkan, “Meskipun sering dpandang sebelah mata oleh programmer yang terbiasa dengan bahasa-bahasa tingkat tinggi yang lain, Visual Basic mampu mendominasi dunia pemograman Visual”. Selain itu, Tim Divisi Penelitian dan Pengembangan MADCOMS (2008 : 1) dalam buku Microsoft Visual Basic 6.0 untuk pemula, mengatakan bahwa, “Microsoft Visual Basic merupakan salah satu aplikasi pemograman visual yang memiliki bahasa pemograman yang cukup popular dan mudah untuk dipelajari.

PENGERTIAN KOMPUTER

Pengertian Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
Adapun defines komputer para pakar adalah sebagai berikut :
Menurut Melawin (2007: 17), “Komputer adalah sekumpulan alat elektronika yang dapat menerima data, mengolah data, dan menyimpan data dengan menggunakan program yang terdapat pada memori system komputer kemudian memberikan hasil pengolahan tersebut dalam bentuk informasi”.
Selanjutnya Sudarman, ST, MT (2008 :48) komputer adalah sebagai perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantara sebuah program mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut. Komputer dapat pula diartikan sebagai suatu mesin yang menerima input untuk diproses dan menghasilkan output.
Adapun pernyataan lainnya mengenai Komputer dari Agung Setiawan adalah alat pendukung untuk meringankan pekerjaan manusia dalam proses pemecahan berbagai masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan operasional, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat.
Komputer juga disebut dengan system elektronik yang dapat dipergunakan untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah intruksi program yang tersimpan dimemori.

PENGERTIAN PERIKANAN

Pengertian Perikanan
Perikanan adalah kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perairan. Sumberdaya hayati perairan tidak dibatasi secara tegas dan pada umumnya mencakup ikan, amfibi dan berbagai avertebrata penghuni perairan dan wilayah yang berdekatan, serta lingkungannya. Di Indonesia, menurut UU RI no. 9/1985 dan UU RI no. 31/2004, kegiatan yang termasuk dalam perikanan dimulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan. Dengan demikian, perikanan dapat dianggap merupakan usaha agribisnis.
Umumnya, perikanan dimaksudkan untuk kepentingan penyediaan pangan bagi manusia. Selain itu, tujuan lain dari perikanan meliputi olahraga, rekreasi (pemancingan ikan), dan mungkin juga untuk tujuan membuat perhiasan atau mengambil minyak ikan.
Usaha perikanan adalah semua usaha perorangan atau badan hukum untuk menangkap atau membudidayakan (usaha penetasan, pembibitan, pembesaran) ikan, termasuk kegiatan menyimpan, mendinginkan atau mengawetkan ikan dengan tujuan untuk menciptakan nilai tambah ekonomi bagi pelaku usaha (komersial/bisnis)

PENGERTIAN DATABASE



Pengertian Database
Menurut Kristindo (2002:10), “Database adalah kumpulan file-file yang saling berelasi, relasi tersebut biasanya ditunjukkan dengan kata kunci dari tiap file-file yang ada. Satu database menunjukkan suatu kumpulan data yang dipakai dalam satu lingkup perusahaan instansi.
Merancang database merupakan suatu hal yang sangat penting, kesulitan utama dalam merancang tadabase adalah bagaimana merancang sehingga database dapat memuaskan keperluan dimasa mendatang.
Satu Database Managemen System (BDMS) berisi suatu koleksi data tersebut, jadi DBMS terdiri dari database dan set program pengelola untuk menambah data, menghapus data, mengambil data dan membaca.
Dalam arti yang sedesrhana database merupakan kumpulan data yang berhubungan dengan suatu topik atau tujuan khusus tertentu.