twitter dan facebook

daftar isi

Labels

Recent Post

My Ping in TotalPing.com
Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Sabtu, 31 Maret 2012

PROSESOR

Mari kita meneliti lebih jauh tentang prosesor sobat,..
Prosesor merupakan sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. IC yaitu suatu komponen dasar terdiri dari resistor, transistor dan sebagainya, IC juga suatu komponen yang dipergunakan sebagai otak perangkat-perangkat elektronika. Pada unit komputer, IC yang dipakai adalah microprocessor, kita ambil salah satu contoh yaitu Intel Pentium 4 mempunyai frekuensi 1,8 trilyun getar perdetik, Intel Pentium 4 didalamnya terdiri dari 16 juta transistor, belum termasuk komponen lain, fabrikasi pembuatan microprocessor ini adalah 60 nm. Dulu waktu pertengahan abad 20 fabrikasi dari processor ini menggunakan semikonduktor yang menunjukkan bahwa alat ini bisa melakukan fungsi seperti dalam tabung vakum.
Processor merupakan nama yang sering disebut dari microprosessor. Prosesor disebut merupakan otak dan pengendali daripada komputer, yang berfungsi untuk memproses dan bekerja dari setiap data dan instruksi yang diinputkan. Prosesor bekerja dengan menerima sinyal bit yaitu angka 0 dan 1 dan memproses berdasakan perintah yang diberikan dan menghasilkan output angka 0 dan 1 juga, didalam prosesor terdapat berjuta-juta transistor, yang satu transistornya memproses 1 perintah, jadi penghitungan yang dilakukan oleh prosesor sangat rumit.
Kemampuan kerja prosesor dilihat berdasarkan banyaknya perintah yang bisa dikerjakan dalam waktu yang sama, oleh karenanya kita mengenal jenis-jenis  prosesor 16 bit, 32 bit dan 64 bit, yang maksudnya adalah bahwa prosesor tersebut bisa memproses  perintah bit (0 dan 1) dengan jumlah 16, 32 atau 64 secara bersamaan.
Kita mengenal Hz (hertz) merupakan satuan dari frekuensi dimana frekuensi merupakan jumlah kerja atau siklus dalam 1 detik, hertz dalam frekuensi biasa digunakan pada panjang gelombang yaitu banyaknya gelombang dalam 1 detik.
Kemudian kita telah tahu bahwa prosesor bekerja atas adanya perintah yaitu sinyal-sinyal bit (0 dan 1), dan sinyal sendiri merupakan jenis dari gelombang, yaitu gelombang elektromagnetik, dan penghitungan gelombang terkait frekuensi yang memiliki satuan hertz (Hz), kilohertz (Khz), megahertz (Mhz), gigahertz (Ghz), semakin tinggi nilai hertz maka kecepatan dan kerja prosesor akan semakin baik karena semakin besar nilai hertz maka semakin banyak siklus-siklus dari sinyal yang diterima oleh prosesor.
Prosesor disebut menggunakan satuan-satuan frekuensi dan tidak menggunakan satuan kilobyte (Kb), megabyte (Mb), maupun gigabyte (Gb) karena satuan-satuan tersebut digunakan untuk kapasitas atau muatan dan pada komputer digunakan pada memori, sedangkan prosesor bekerja untuk memproses bukan menyimpan.
Sekarang prosesor ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran saat ini adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
* Aritcmatics and Logical Unit (ALU)
* Control Unit (CU)
* Memory Unit (MU)

Terimakasih ya sobat telah membaca artikel saya mungkin ada manfaatnya.....


Lihat juga Disini

0 comments

Poskan Komentar