twitter dan facebook

daftar isi

Labels

Recent Post

My Ping in TotalPing.com
Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Minggu, 13 Mei 2012

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI GRAFIKA DAN INFORMASI PADA MASA PRASEJARAH DAN SEJARAH

Add caption

Perkembangan tehnologi dalam peradaban manusia di iringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi yang selanjutnya di kenal istilah tehnologi grafika dan informasi. Sejak jaman prasejarah. Cara manusia menyampaikan pesan/ informasi melalui berkomunikasi dalam hal perkembangan teknologi, terus berkembang hingga saat ini, yaitu dengan banyaknya di temukan tehnologi-tehnologi yang sebagian besarnya sudah using dan sebagiannya lagi masih trus di pakai bahkan trus di teliti dan di kembangkan agar semakin maju.
Perkembangan tehnologi berlangsung dari masa ke masa. Mulai dari masa prasejarah hingga masa sekarang ini dimana kita melangsungkan kehidupan. Masa-masa itu di antaranya :
1.      Masa prasejarah (pada priode sampai tahun 3000 sebelum masehi (sm)
Pada masa ini bentuk komunikasi manusia masih sebatas pada pengenalan bentuk-bentuk yang mereka temukan manusia menyampaikan informasi yang mereka dapatkan dengan menggambarkan pada dinding-dinding gua, dengan cara menggoreskan, memahat di batu-batu, kulit kayu, kuli binatang, tulang-tulang hewan, dan SBB dengan grafik.
Contoh : cerita ketika berburu binatang buruannya hal tersebut terjadi karena kemampuan berbahasanya yang masih hanya sebatas suara dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan sebagai bentuk awal penyampaian pesan mereka.
2.   Masa sejarah (3000 sm- 1400 an sm)
a.       Tahun 3000 sm bangsa sumeria merupakan bangsa yang pertama
kalinya telah dapat menyampaikan pesan dengan sebuah tulisan dengan menggunakan symbol-symbol. Piktograf sebagai huruf simbul atau huruf-huruf tersebut juga mempunyai bentuk dan bunyi yang berbeda. Sehingga tulisan-tulisan tersebut terangkai menjadi sebuah kota. Kalimat dan bahasa yang mempunyai arti.
b.      Tahun 2900 sm
Pada tahun 2900 sm bangsa mesir kuno telah menggunakan huruf-huruf HIEROGLIF untuk berkomunikasi dengan orang lain huruf-huruf bieroglif terdiri dari symbol-symbol objek. Seperti perkakas, binatang, dan kapal-kapal. Huruf-huruf hieroglif juga menggunakan symbol-symbol ide dan emosi seperti semuah gerakan. Waktu, juga perasaan gembira. Ketika symbol-symbol hieroglif digambungkan maka atau terciptalah bagai mana cara pengucapannya serta menunjukkan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini telah maju di bandingkan dengan bangsa sumeria.
System menulis juga sudah digunakan oleh dinasti SHANG di cina yang memerintah pada tahun 1766-1050 sm.  System menulis modern cina saat ini, yang menggunakan symbol atau karakter untuk masing-masing kata.
c.       Tahun 500 sm
Masa ini di tandai dengan pengenalan pada media informasi yang sebelumnya menggunakan lempengan tanah liat. Pada masa ini manusia sudah mengenal media untuk menyimpan informasi yang lebih baik dari seraf pohon. Salah satunya adalah serat papayfus yang berasal dari papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Untuk di jadikan media menulis atau media penyampaian pesan pada masa itu. Serat papyrus lebih kuat dan pleksibal di bandingkan dengan lempengan tanah sebagai media informasi. Selanjutnya, serat papyrus juga merupakan cikal bakal media yang kita kenal sekarang ini yaiut kertas.
d.      Tahun 105 m
Pada tahun atau masa 105 m. bangsa cina menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat dari serat bamboo yang di haluskan. Di haluskan, di cuci lalu kemudian di ratakan dan di keringkan. Penemuan ini juga memungkinkan system percetakan yang di lakukan dengan menggunakan blok kayu yang di torehkan dan di tumuri tinta atau yang sekarang kita kenal yang system cap. Pada masa sejarah ini sejak di temukannya kain kertas di cina dan plat-plat logam maka grafi di goreskan atau di tulis pada media tersebut.
Pada masa ini hindus di india telah membuat system bilangan 9 digit yang sampai saat ini kita gunakan.

3.   Zaman modern
Pada zaman ini, manusia telah mengenal tehnologi penyampaian informasi atau mencetak grafi atas media dengan mesin cetak seperti yang kita kenal sekarang ini.
a.       Teknologi cetak konvisional
Kemajuan bidang tehnologi informasi dan komunikasi berjalan dengan begitu cepat. Dalam dunia grafikapun mengalami perkembangan yang cukup pesat. Teknologi cetak konvisional dengan acuan. Cetak permanenpun kini sudah mencapai tahapan yang luar biasa. Disamping itu juga, teknologi cetak Non Impuct Printing (NIP) juga berkembang begitu cepat.
Kemajuan teknologi informasi sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan teknologi cetak mencetak, sehingga di mana pun kita berada selalu menatap dan menggunakan barang cetakan, misalnya: uang, meterai, prangko, surat kabar, majalah, buku, brosur, folder, poster, spanduk, company profile, formulir, ticket, kemasan (kertas, karton, kaleng, plastic, dll) sampai pada surat-surat berharga yang dipergunakan pada bank-bank, dan sangat banyak jenis, bentuk, jumlah barang cetakan di masyarakat.
Semakin banyak jumlah manusia, semakin meningkat sosial ekonomi, semakin tinggi pendidikan dan kebudayaan suatu bangsa akan semakin banyak memerlukan barang cetakan sebagai sarana komunikasi, alat pembayaran, sebagai pembungkus, dan fungsi-fungsi lain.
Perkembangan terakhir di bidang teknologi produksi grafika sebagai usaha untuk melayani tuntutan pemesan yang semakin cepat dan kritis adalah munculnya “teknik cetak jarak jauh, instant printing dan yang terakhir print on demand”

1 comments

Lupa Nickname 14 Juni 2012 01.35

Posting yg bagus gan..
jangan lupa kunjungi juga web kami di
http://stisitelkom.ac.id

Poskan Komentar